Minggu, 30 November 2014


Struktur pasar adalah dengan melihat pasar yang berdasarkan pada:
1.
    Ciri-ciri barang yang dihasilkan
2.
    Banyak tidaknya perusahaan
3.
    Mudah tidaknya perusahaan baru menjalankan kegiatan produksi
4.
    Besarnya kekuasaan suatu perusahaan di dalam pasar
Pasar Persaingan Sempurna adalah suatu pasar yang mana terdapat banyak pembeli dan penjual yang memperdagangkan produk identik, sehingga masing-masing mereka akan menjadi penerima harga.
Karakteristik  pasar persaingan sempurna :
1.
    Terdapat banyak penjual & pembeli di pasar.
2.
    Barang yang ditawarkan penjual umumnya sama.
3.
    Perusahaan mudah untuk keluar dan masuk pasar.
Berdasarkankarakteristik, PasarPersaingan Sempurna mempunyaihasil :
a.
    Setiap tindakan pembeli & penjual tidak memiliki dampak terhadap harga pasar.
b.
    Masing-masing pembeli & penjual harus menerima harga apa adanya.
Dalam pasar persaingan sempurna, pendapatan rata-rata  (AR) sama dengan harga suatu barang (P).
Kekuatan pasar persaingan sempurna :
1.   
Merupakan bentuk pasar yang ideal
2.   
Perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah
3.   
Output maksimum
4.   
Memberikan kemakmuran yang maksimal karena:
       a. 
Harga jual yang termurah
       b.
    Jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal
       c.
    Masyarakat merasa nyaman dan tidak takut ditipu karena informasi sempurna.

Kelemahan pasar persaingan sempurna :
-
  Kelemahan dalam hal asumsi
  
Asumsi yang dipakai dalam pasar persaingan sempurna mustahil terwujud.
-
  Kelemahan dalam pengembangan teknologi
  
Dalam jangka panjang perusahaan dapat laba normal sehingga apakah mungkin
   perusahaan dapat melakukan kegiatan riset.
-
Konflik efisiensi-keadilan
Tujuan utama perusahaan kompetitif adalah maximize profit.
Artinya perusahaan akan menghasilkan kuantitas yang memaksimalkan perbedaan antara
pendapatan total dan biaya total.
Maksimalisasi Laba terjadi pada saat kuantitas di mana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal.
ARTINYA : Apabila MR > MC maka  menaikkan Q
    Apabila MR < MC maka  menurunkan Q
    Apabila MR = MC maka Laba adalah maksimal.
1.  Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak
2.  Produk/barang bersifat homogen/mirip
3.  Kedudukan satu perusahaan dalam pasar sangat kecil sehingga tidak mampu mempengaruhi pasar (hanya sebagai Price Taker)
4. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna
5.  Setiap perusahaan bebas keluar
    masuk pasar/industri.
Pasar monopoli adalah kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu dan ada hambatan bagi bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.
1.    Adanya penguasaan suatu sumber daya inti
2.    Adanya penguasaan teknik produksi tertentu
3.    Adanya penguasaan hak patent untuk produk tertentu (merupakan unsur yuridis)
4.    Pemberian Pemerintah
5.    Biaya produksi lebih efisien dibanding
6.    produsen yang lainnya (monopoli alamiah)
                                                                
·      Perusahaan Monopoli akan berproduksi pada tingkat output, MC = MR (Keseimbanga Perusahaan Monopoli)
·      Penentuan harga perusahaan monopoli :
1.    Harga (P) > biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh keuntungan (Laba) maksimum.
2.    Harga (P) = biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh keuntungan (laba) normal (normal profit).
3.    Harga (P) < daripada biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh kerugian minimum.
1.   Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2.   Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
3.   Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

Ciri- ciri pasar monopoli
1.   Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
      Barang tsb merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat
      barang mirip (close substitute).
2.
   Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
3.
      Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
1.    Mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
2.    Pemilikan suatu sumber daya yg istimewa dan tidak dimiliki oleh orang / perusahaan lain.
3.    Dapat menikmati skala ekonomi (economic of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi
4.    Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang
a.Peraturan paten dan Hak Cipta
b.Hak Usaha Ekslusif

1.      Harga barang di pasar monopoli umumnya lebih tinggi.
2.      Jumlah output pasar monopoli lebih sedikit.
3.      Efisiensi penggunaan input di pasar monopoli lebih rendah.
4.      Kekuatan penentuan harga (price taker) di pasar monopoli.
Perbandingan ini akan dilakukan dengan melihat dua keadaan, yaitu :
·         Biaya produksinya sama
·         Biaya produksinya berbeda

1)      Biaya Produksi Sama
Perbandingan efisiensi diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli dalam menggunakan sumber-sumber daya, memproduksikan barang, dan meminimumkan biaya produksi per unit.
Sekiranya monopoli dapat menikmati skala ekonomi sehingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi, kurva biaya rata-rata akan berbeda dari yang dimisalkan.



DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar