Struktur pasar adalah dengan melihat pasar yang berdasarkan pada:
1. Ciri-ciri barang yang dihasilkan
2. Banyak tidaknya perusahaan
3. Mudah tidaknya perusahaan baru menjalankan kegiatan produksi
4. Besarnya kekuasaan suatu perusahaan di dalam pasar
1. Ciri-ciri barang yang dihasilkan
2. Banyak tidaknya perusahaan
3. Mudah tidaknya perusahaan baru menjalankan kegiatan produksi
4. Besarnya kekuasaan suatu perusahaan di dalam pasar
Pasar
Persaingan Sempurna adalah suatu pasar yang mana terdapat banyak pembeli dan penjual yang
memperdagangkan produk identik, sehingga masing-masing mereka akan menjadi
penerima harga.
Karakteristik pasar persaingan sempurna :
1. Terdapat banyak penjual & pembeli di pasar.
2. Barang yang ditawarkan penjual umumnya sama.
3. Perusahaan mudah untuk keluar dan masuk pasar.
1. Terdapat banyak penjual & pembeli di pasar.
2. Barang yang ditawarkan penjual umumnya sama.
3. Perusahaan mudah untuk keluar dan masuk pasar.
Berdasarkankarakteristik, PasarPersaingan Sempurna mempunyaihasil :
a. Setiap tindakan pembeli & penjual tidak memiliki dampak terhadap harga pasar.
b. Masing-masing pembeli & penjual harus menerima harga apa adanya.
a. Setiap tindakan pembeli & penjual tidak memiliki dampak terhadap harga pasar.
b. Masing-masing pembeli & penjual harus menerima harga apa adanya.
Dalam pasar
persaingan sempurna, pendapatan
rata-rata (AR) sama dengan harga suatu barang (P).
Kekuatan pasar persaingan sempurna :
1. Merupakan bentuk pasar yang ideal
2. Perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah
3. Output maksimum
4. Memberikan kemakmuran yang maksimal karena:
a. Harga jual yang termurah
b. Jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal
c. Masyarakat merasa nyaman dan tidak takut ditipu karena informasi sempurna.
1. Merupakan bentuk pasar yang ideal
2. Perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah
3. Output maksimum
4. Memberikan kemakmuran yang maksimal karena:
a. Harga jual yang termurah
b. Jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal
c. Masyarakat merasa nyaman dan tidak takut ditipu karena informasi sempurna.
Kelemahan pasar persaingan sempurna :
- Kelemahan dalam hal asumsi
Asumsi yang dipakai dalam pasar persaingan sempurna mustahil terwujud.
- Kelemahan dalam pengembangan teknologi
Dalam jangka panjang perusahaan dapat laba normal sehingga apakah mungkin
perusahaan dapat melakukan kegiatan riset.
- Konflik efisiensi-keadilan
- Kelemahan dalam hal asumsi
Asumsi yang dipakai dalam pasar persaingan sempurna mustahil terwujud.
- Kelemahan dalam pengembangan teknologi
Dalam jangka panjang perusahaan dapat laba normal sehingga apakah mungkin
perusahaan dapat melakukan kegiatan riset.
- Konflik efisiensi-keadilan
Tujuan utama perusahaan kompetitif adalah maximize profit.
Artinya perusahaan akan menghasilkan kuantitas yang memaksimalkan perbedaan antara pendapatan total dan biaya total.
Artinya perusahaan akan menghasilkan kuantitas yang memaksimalkan perbedaan antara pendapatan total dan biaya total.
Maksimalisasi Laba terjadi pada saat kuantitas di mana pendapatan marjinal sama dengan biaya
marjinal.
ARTINYA : Apabila MR > MC maka menaikkan Q
Apabila MR < MC maka menurunkan Q
Apabila MR = MC maka Laba adalah maksimal.
1. Jumlah
perusahaan dalam pasar sangat banyak
2. Produk/barang
bersifat homogen/mirip
3. Kedudukan
satu perusahaan dalam pasar sangat kecil sehingga tidak mampu mempengaruhi
pasar (hanya sebagai Price Taker)
4. Produsen dan
konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna
5. Setiap
perusahaan bebas keluar
masuk pasar/industri.
Pasar monopoli adalah kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang
menjual produk atau komoditas tertentu dan ada hambatan bagi bagi perusahaan
atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.
1.
Adanya penguasaan
suatu sumber daya inti
2.
Adanya penguasaan
teknik produksi tertentu
3.
Adanya penguasaan hak
patent untuk produk tertentu (merupakan unsur yuridis)
4.
Pemberian Pemerintah
5.
Biaya produksi lebih
efisien dibanding
6.
produsen yang lainnya
(monopoli alamiah)
·
Perusahaan
Monopoli akan berproduksi pada tingkat output, MC = MR (Keseimbanga Perusahaan
Monopoli)
·
Penentuan harga perusahaan monopoli :
1. Harga (P) > biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh
keuntungan (Laba) maksimum.
2.
Harga (P) = biaya rata-rata (AC), perusahaan
monopoli akan memperoleh keuntungan (laba) normal (normal profit).
3.
Harga (P) < daripada biaya rata-rata (AC),
perusahaan monopoli akan memperoleh kerugian minimum.
1.
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk
cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang
banyak.
2.
Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh
secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
3. Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
Ciri- ciri pasar monopoli
1. Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
Barang tsb merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat
barang mirip (close substitute).
2. Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
3. Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Ciri- ciri pasar monopoli
1. Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
Barang tsb merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat
barang mirip (close substitute).
2. Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
3. Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
1. Mempunyai
suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
2. Pemilikan
suatu sumber daya yg istimewa dan tidak dimiliki oleh orang / perusahaan lain.
3. Dapat
menikmati skala ekonomi (economic of scale) hingga ke tingkat produksi yang
sangat tinggi
4. Monopoli
wujud dan berkembang melalui undang-undang
a.Peraturan paten dan Hak Cipta
b.Hak Usaha Ekslusif
1. Harga barang di pasar monopoli umumnya lebih tinggi.
2. Jumlah output pasar monopoli lebih sedikit.
3. Efisiensi penggunaan input di pasar monopoli lebih rendah.
4.
Kekuatan penentuan harga (price taker) di
pasar monopoli.
Perbandingan ini akan dilakukan
dengan melihat dua keadaan, yaitu :
·
Biaya
produksinya sama
·
Biaya
produksinya berbeda
Perbandingan efisiensi diantara pasar
persaingan sempurna dan monopoli dalam menggunakan sumber-sumber daya,
memproduksikan barang, dan meminimumkan biaya produksi per unit.
Sekiranya monopoli dapat menikmati
skala ekonomi sehingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi, kurva biaya
rata-rata akan berbeda dari yang dimisalkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar